FAKTAHUKUMNTT. COM, GERSIK Presiden Joko Widodo menginstruksikan bantuan hingga Rp60 juta per keluarga untuk renovasi rumah di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, yang terdampak gempa di timur laut Tuban. Setelah tanggap darurat, Pemerintah akan memulai rehabilitasi konstruksi, dengan bantuan pemerintah pusat sesuai instruksi Presiden.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyatakan bahwa rumah rusak berat akan diganti dengan bantuan sebesar Rp60 juta, sedangkan yang rusak sedang akan mendapatkan Rp30 juta dan rusak ringan Rp15 juta.

Penentuan kriteria kerusakan telah diatur dalam petunjuk teknis.

Selama masa tanggap darurat, bantuan berupa makanan siap saji, matras terpal, tenda, dan minuman akan terus diberikan kepada masyarakat. Pemerintah juga akan mengganti tenda-tenda yang kurang nyaman dengan yang lebih baik.

Pemprov Jatim akan menurunkan tim psikologi untuk memberikan pendampingan psikologis kepada masyarakat melalui trauma healing.

Letjen TNI Suharyanto menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, namun tanpa perlu panik.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh oleh berita hoaks yang beredar, tetap mengikuti informasi resmi yang diberikan oleh otoritas terkait.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.